Kreatif, Rumah Seni Budaya Presisi Tebo, Sajikan Minuman Tradisional Berbahan Rempah-rempah, Ini Khasiatnya

0

NEWSPORTAL .ID - Masyarakat Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, penyuka minuman tradisional, akan segera menikmati tempat tongkrongan baru dengan menu utama minuman berbahan rempah-rempah. 


Tempat ini berlokasi di Rumah Seni Budaya (RSB) Presisi, yang sebelumnya merupakan asrama Polri, di Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. 


Letaknya sangat strategis, tidak jauh dari turap pinggir Sungai Batanghari, menjadikannya lokasi yang ideal untuk berkumpul dan menikmati suasana.


Minuman berbahan rempah-rempah yang menjadi salah satu minuman andalan yang akan disajikan di RSB Presisi ini adalah Wedang Uwuh, minuman khas Yogyakarta yang terkenal akan khasiatnya. 


Wedang Uwuh terbuat dari campuran rempah-rempah seperti kayu manis kering, cengkeh, jahe, gula batu, serutan kayu secang kering, sereh, kapulaga, dan pala kering. 


Kombinasi bahan-bahan ini tidak hanya memberikan rasa yang nikmat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.


"Minuman khas dari Yogyakarta, namanya wedang uwuh, berbahan rempah-rempah. Mudah-mudahan Minggu ini kita sudah eksen," kata Rizki pada Rabu, 07 Agustus 2024. 


Dia berharap kehadiran Wedang Uwuh di tempat tongkrongan ini akan menarik banyak pengunjung dan menjadi favorit masyarakat setempat. 


Pasalnya, kata dia, dibukanya tempat tongkrongan dengan menu utama Wedang Uwuh ini juga merupakan upaya untuk mendukung kearifan lokal dan memperkenalkan minuman tradisional kepada generasi muda. 


Dengan menikmati minuman berbahan rempah-rempah ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan kenikmatan rasa, tetapi juga merasakan manfaat kesehatan dari bahan-bahan alami.


Manfaat Minum Wedang Uwuh 

Wedang Uwuh merupakan minuman khas dari Yogyakarta, berbahan rempah-rempah. Minuman ini sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.


Selain dapat menghangatkan tubuh, minuman ini dipercaya mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti asam urat dan penyakit jantung.


Selain itu, juga dapat menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh serta mengobati batuk dan pilek.


Kemudian, dapat mengurangi kolesterol menghilangkan rasa pegal dan capek, mencegah dan mengobati masuk angin, menyegarkan badan dan memperlancar peredaran darah.

Berikut manfaat minum Wedang Uwuh bagi kesehatan tubuh yang dilansir Portal Tebo dari berbagai sumber:


Mengatasi Asam Urat


Manfaat wedang uwuh untuk kesehatan yang pertama, yaitu dapat mengatasi asam urat. Menurut sejumlah penelitian, jahe merah yang terdapat pada wedang uwuh mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. 


Selain itu, jahe merah juga bisa menurunkan rasa nyeri akibat penghambatan pada jalur siklo oksigenase.


Seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, jahe merah juga termasuk dalam daftar 10 tanaman herbal yang efektif mengobati asam urat. 


Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.


Mencegah Penyakit Jantung


Selain dapat mengatasi asam urat, manfaat wedang uwuh juga mampu mencegah penyakit jantung. 


Kandungan senyawa pada kayu manis berperan penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung.


Dalam studi 2014, tikus yang menerima perawatan jangka panjang yang melibatkan kayu manis dan pelatihan aerobik memiliki fungsi jantung yang lebih baik daripada yang tidak. 


Tentu saja, manfaat minuman ini bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.


Menangkal Radikal Bebas


Manfaat minuman ini untuk kesehatan selanjutnya, yaitu dapat menangkal radikal bebas. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai memliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas.


Antioksidan pada serai juga berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit, seperti disfungsi sel di dalam arteri koroner. 


Dengan mengonsumsi minuman ini secara teratur, mampu menurunkan risiko berbagai penyakit kronis dalam tubuh.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat minuman ini untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Pasalnya, kapulaga pada wedang uwuh mampu melawan bakteri dan patogen lainnya yang mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


Selain itu, minuman ini juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada pala, mampu mencegah dan mengobati penyakit hati dan batu ginjal.


Mengobati Batuk dan Pilek

Di dalam minuman ini terdapat gula batu yang dipercaya efektif untuk mengobati batuk dan pilek. Gula batu dianggap mampu membantu menenangkan rongga mulut, meluruhkan lendir, dan mengurangi batuk.


Itulah beberapa manfaat minuman wedang uwuh yang dilansir Portal Tebo dari berbagai sumber.***

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top