Desa Betung Berdarah Timur Mengelar Festival Kebudayaan Bumi,

0

NEWSPOTAL.ID - Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan kembali menggelar festival kebudayaan bumi seentakgalah serengkuh dayung atau lebih dikenal kenduri swarna bumi.

Kenduri swarna bumi tahun 2024 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Berkolaborasi dengan 12 Pemerintahan Daerah, salah satunya Kabupaten Tebo, dipusatkan di Desa Betung Bedarah Timur,  Kecamatan Tebo ilir, Kabupaten Tebo tebo.

Kegiatan yang dipusatkan dihalaman Kantor Desa Betung Bedarah Timur, dibuka secara langsung oleh PJ Bupati Tebo yang diwakili Asisten satu Sindi, ditandai dengan pemukulan gong pada Kamis malam (29/8/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, Ade Nofriza menjelaskan, tujuan kegiatan yang dilaksanakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hubungan penting antar kebudayaan dan pelestarian lingkungan khususnya sungai dan juga sebaliknya tentang pelestarian lingkungan untuk perdadaban yang lebih maju 

selain itu, kata Ade, festival kebudayaan di Bumi Seentakgalah Serengkuh Dayung adalah upaya pewarisan dan juga pelestarian dalam kelaborasi generasi muda seniman sanggar serta komunitas multikultural.

"adapun alasan kegiatan dipusatkan di desa betung bedarah timur ini, karena ada salah satu situs yang bernama patung sekrat, dan saat ini temuan situs tersebut terus digali lebih dalam lagi untuk dikembangkan", katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Betung Bedarah Timur mengaku senang dengan adanya kegiatan pelestarian budaya tradisional ini, Jamhuri mengatakan, Pemerintah Desa dan masyarakat menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo.

" Desa Betung Bedarah Timur sangat berbangga dan merasa tersanjung, dan insyaallah kegiatan serupa juga akan kami lakukan Didesa Betung Bedarah Timur kedepannya", ungkapnya.

kegiatan pekan kebudayaan daerah diikuti siswa siswi mulai dari SD, SMP dan SLTA se kabupaten tebo yang diwakili masing-masing kecamatan berlangsung sejak tanggal 29 hingga 31.kegiatan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah Lima Provinsi Jambi yang diwakili Pamong Budaya Ahli Muda, selain itu turut dihadiri Camat, Kapolsek, Danramil, BPD, maupun ribuan masyarakat Desa Betung Bedarah Timur.(fr).

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top